Sejarah Pendek Mengenai Suku Dayak

Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya dan adat. Dari ujung sabang sampai merauke., terdapat banyak suku di daerahnya masing-masing.

Salah satu suku yang terkenal dan kali ini kita akan membahasanya adalah. Suku Dayak yang berasal dari pulau Kalimantan.

Simak ulasan lebih lengkapnya, untuk menambah wawasan Anda dalam mengenal budaya dan adat asli dari Indonesia ini

Kalimantan Adalah Rumah Bagi Suku Dayak

Dayak, juga dieja Dyak, Dajak Belanda, masyarakat adat non-Muslim di pulau Kalimantan, yang sebagian besar secara tradisional tinggal di sepanjang tepi sungai yang lebih besar. Bahasa mereka semua termasuk dalam cabang bahasa Indonesia dari rumpun bahasa Austronesia (Melayu-Polinesia). Dayak adalah istilah umum yang tidak memiliki makna etnis atau kesukuan yang tepat. Khususnya di Kalimantan Indonesia (Kalimantan), itu diterapkan pada salah satu masyarakat adat (non-Muslim) di pedalaman pulau (berlawanan dengan sebagian besar penduduk Melayu di wilayah pesisir). Di Borneo Malaysia (Sarawak dan Sabah), kata ini digunakan agak kurang luas dan sering dipahami secara lokal untuk merujuk secara khusus kepada masyarakat Iban (sebelumnya disebut Dayak Laut) dan Bidayuh (sebelumnya disebut Dayak Darat). Pada pergantian abad ke-21, populasi Dayak di Kalimantan diperkirakan sekitar 2,2 juta.


Meskipun garis demarkasi seringkali sulit ditentukan, yang paling menonjol dari banyak subkelompok Dayak adalah Kayan (di Kalimantan biasanya disebut Bahau) dan Kenyah, terutama di Sarawak tenggara dan Kalimantan timur; Ngaju Kalimantan Tengah dan Selatan; Bidayuh Sarawak barat daya dan Kalimantan Barat; dan Iban Sarawak.


Di masa lalu, praktik keagamaan masyarakat Dayak yang sangat berkembang dan kompleks melibatkan banyak roh lokal dan hewan pertanda. Peperangan antarsuku adalah hal biasa, dengan pengayauan sebagai fitur utama. Namun, sejak pertengahan abad ke-20, masyarakat Dayak terus menganut Anglikan, Katolik Roma, dan Protestan; pada awal abad ke-21 sebagian besar penduduknya beragama Kristen.

Leave a Comment

Your email address will not be published.