Budaya Dunia 

Globalisasi dan ekspansi global adalah tren terbaru yang mempengaruhi lanskap dunia saat ini. Tidak mengherankan, satu hal yang memungkinkan terjadinya globalisasi ini adalah komunikasi dan korespondensi lintas batas. Seiring dengan bahasa, budaya, norma, dan nilai suatu negara memainkan peran penting dalam memungkinkan komunikasi ini. 
 
Budaya suatu negara lebih dari sekadar cara orang-orangnya mempraktikkan tradisi mereka — itu adalah cara hidup, komunikasi, norma, dan nilai yang lengkap yang membentuk bagaimana masyarakat terbentuk. Inilah alasan mengapa seseorang yang ingin bepergian ke negara lain perlu memiliki pengetahuan yang cukup tentang budaya dan bahasanya agar dia dapat memahami penduduknya dengan baik. Dari seni renaisans Italia hingga praktik tradisional India, budaya ini mencerminkan cara hidup di negara-negara ini. 
 
Berikut ini adalah 28 budaya teratas dunia yang telah membentuk tradisi kuno seperti yang kita kenal. 
 
1. Italia 
Terkenal sebagian besar karena seni renaisansnya, Italia adalah negara Eropa tengah-selatan dengan perbatasan yang memanjang hingga Laut Mediterania. Menurut beberapa perkiraan, sekitar 40 juta turis mengunjungi negara itu setiap tahun, menjadikannya salah satu tempat wisata teratas dunia—alasannya? Situs bersejarah dan arsitekturnya menarik penggemar secara global dan beberapa nama besar seperti Leonardo Da Vinci dan Botticelli hanyalah beberapa untuk memulai. Wilayah ini juga merupakan rumah bagi sejumlah besar migran yang telah menyatu dengan keindahan arsitektur Italia. 
 
Satu hal lain yang sangat terkenal di Italia adalah masakannya. Masakan Italia tidak hanya dinikmati tetapi juga dirayakan di seluruh dunia dan para koki di seluruh dunia memuji makanan Italia sebagai makanan paling lezat dan unik di dunia. 
 
2. Prancis 
Mungkin tidak ada negara lain yang memiliki pengaruh lebih besar dalam sejarah selain Prancis, salah satu negara tertua di muka bumi. Dikenal terutama karena signifikansi historisnya, Prancis terkenal dengan makanan, seni, bahasa, dan lokasinya dan menempati urutan ke-2 dalam daftar Peringkat Pengaruh Budaya. Tidak hanya itu, kota ini juga merupakan salah satu negara yang memiliki identitas ‘romantis’, dan kotanya Paris terkenal sebagai ‘kota cinta’. 
 
 
 
Prancis tidak hanya terkenal dengan situs bersejarahnya, tetapi juga dihargai karena masakan dan rumah modenya. Inilah alasan mengapa nama Prancis memunculkan citra tren mode yang berbeda kelas. Orang Prancis adalah orang-orang sopan yang lebih menyukai sapaan dan ketepatan waktu daripada yang lainnya. Tidak hanya itu, tata krama meja sangat penting di Prancis. 
 

3. Spanyol 
Peringkat pada nomor 3 dalam daftar Peringkat Pengaruh Budaya, Spanyol adalah kombinasi dari negara-negara merdeka yang bergabung untuk membentuk Kerajaan Spanyol pada tahun 1492. Warisan artistik negara membedakannya dari negara lain dan merupakan bagian penting tak terpisahkan dari budayanya. Tidak mengherankan, ini adalah negara ke-4 yang paling banyak dikunjungi di dunia dan 58 juta turis memadati situs arsitekturnya setiap tahun. 
 
Satu hal yang unik dan berbeda dari Spanyol adalah festival dan perayaannya. Meskipun orang Spanyol merayakan festival keagamaan dengan semangat, perayaan lain juga berlangsung dengan kemegahan dan semangat. Apakah Anda seorang turis yang mengunjungi Spanyol untuk liburan rekreasi atau seorang pengusaha yang mendapatkan kesepakatan komersial, Anda pasti akan tertarik dengan festival menarik seperti La Tomatina di mana orang saling melempari tomat! 
 
4. Amerika Serikat 
Salah satu kekuatan ekonomi dan teknologi paling dominan, Amerika Serikat adalah negara Amerika Utara yang memberikan pengaruh besar pada ekonomi, bisnis, dan politik dunia. Inilah alasan mengapa AS mendapat skor 10/10 pada skala modernitas dan berada di urutan ke-4 dalam daftar Peringkat Pengaruh Budaya. 
 
Negara adalah kombinasi dari berbagai bahasa, kebangsaan, dan ras yang bercampur satu sama lain untuk membentuk Negara. Dengan populasi 3,3 miliar, negara ini memiliki banyak hal untuk ditawarkan selain hanya kemajuan ekonominya. Ini adalah pusat dunia modern dengan industri film dan medianya yang merupakan pemimpin dalam lanskap dunia. Tidak hanya itu, tradisi dan masyarakatnya juga berbeda dengan negara lain. Salah satu aspek menarik dari budaya AS adalah praktik “makan sambil jalan” atau mengambil makanan untuk dibawa pulang karena orang-orangnya terlalu sibuk berpindah dari satu janji atau pekerjaan ke janji lain. Hal ini telah memunculkan industri makanan “dimasak instan”, dipuji dan tersedia saat ini di semua negara. 

5. India 
Ketika berbicara tentang tradisi agama lama, yang melibatkan kisah-kisah dahulu kala, nama India muncul di benak banyak orang. India adalah negara Asia Tenggara yang terletak di semenanjung yang membentang di atas Teluk Benggala dan Laut Arab. Disebut sebagai negara terpadat kedua setelah Cina, ini adalah negeri misteri, sihir, dan tradisi, serta memiliki latar belakang sejarah yang menarik juga. 
 
Negara ini adalah rumah bagi sejumlah agama yang beragam, dengan Hindu dan Islam sebagai yang terkemuka. Inilah alasan mengapa masyarakatnya merupakan cerminan dari agama yang dianutnya. Di India, berpuasa selama berhari-hari merupakan praktik umum—sebagai sarana untuk memperoleh keselamatan dari kejahatan tertentu. Namun, berpuasa di sini tidak serta merta berarti tubuh menghilangkan semua jenis makanan—hanya makanan tertentu yang dibatasi jumlahnya. Negara ini juga memiliki sejumlah suku kuno yang masih berkembang pesat, menjadikannya campuran budaya yang kaya. 
 
6. Inggris Raya 
Tetap di nomor 5 dalam daftar Peringkat Pengaruh Budaya adalah Inggris Raya, negara yang sangat maju yang memiliki kekuatan ekonomi, ilmiah, politik, dan teknologi global yang cukup besar. London adalah pusat keuangan dan ekonomi terkemuka di dunia, dengan metrik ekonomi yang apresiatif untuk membuktikannya. Warga negara dengan bangga mempersembahkan kreativitas, etos kerja, dan perubahan inovatif—mungkin itulah sebabnya mereka dikenal ‘membawa sesuatu yang baru’, baik dalam bidang kehidupan apa pun. 
 
Salah satu kontribusi terbesar yang telah dilakukan Inggris kepada dunia adalah meminjamkan bahasa Inggrisnya, yang merupakan bahasa utama komunikasi secara global. Dengan lebih dari 2 miliar penutur di seluruh dunia, bahasa Inggris terus mendominasi semua bahasa dalam media komunikasi dan korespondensi bisnis. Selain itu, negara ini menawarkan banyak atraksi lain dalam seni, orkestra, teater, media, dan teknologi yang unik dalam dirinya. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.